Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Dinas Pasar dan Kebersihan Bengkalis Gelar Pasar Ramadhan, Semua Fasilitas Gratis

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Dinas Pasar dan Kebersihan Bengkalis Gelar Pasar Ramadhan, Semua Fasilitas Gratis

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Ketua TP PKK Bengkalis, Kasmarni didampingi Kadis Pasar dan Kebersihan, H Indra Gunawan meninjau Pasar Ramadhan di Pusat Jajanan dan Oleh-oleh Khas Bengkalis, Senin (6/6/2016).

BENGKALIS – Sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadhan, Dinas Pasar dan Kebersihan (DPK) Kabupaten Bengkalis menggelar Pasar Ramadhan. Bedanya, pada Ramadhan 1437 H ini, digelar di seluruh kecamatan yang ada di Negeri Junjungan (8 kecamatan) secara gratis.

Setiap pedagang mendapat fasilitas yang sama dan tidak dikenakan biaya sebagaimana yang dilaksanakan di Kecamatan Bengkalis. Penyelenggaraan Pasar Ramadhan di kecamatan dikelola UPTD Dinas Pasar dan Kebersihan masing-masing kecamatan bekerja sama dengan instansi terkait di setiap kecamatan.

Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bengkalis, H Indra Gunawan,SIP, M.Si, mengatakan, semua fasilitas yang disediakan kepada pedagang tidak dipungut biaya. Mulai dari meja, fasilitas listrik dan saran lainnya, termasuk halaman parkir, semua serba gratis. Hal ini demi pelayanan kepada masyarakat selama Ramadhan ini.

“Kita hanya minta agar pedagang tertib dan menjaga kebersihan selama berjualan,” ujar Indra Gunawan di sela-sela pembukaan Pasar Ramadhan di Pusat Jajanan dan Oleh-oleh Khas Bengkalis, Senin (6/6/2016).

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Pasar Ramadhan, Hamdam, S.Si, M.Si dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan  untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dalam bentuk memfasilitasi pedagang kecil berjualan makanan dan minuman serta memberi kenyamanan kepada masyarakat untuk mempersiapkan menu berbuka puasa.

Melalui Pasar Ramadan ini juga diharap bisa membantu peningkatan pendapatan masyarakat, melalui pengembangan ekonomi kerakyatan. Di samping itu sebagai sarana silaturahmi antar muslim maupun non muslim, dimana Pasar Ramadhan menjadi jembatan terjadinya interaksi sosial positif, sehingga memperat hubungan antar sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan.

“Pasar Ramadhan juga menjadi sarana wisata kuliner masyarakat,” tambah Sekretaris DPK ini.

Ditambahkan Hamdan, jumlah pedagang yang mengikuti Pasar Ramadhan sebanyak 136 pedagang, terdiri dari pedagang kue sebanyak 60 pedagang, minuman 26 pedagang, lauk pauk 45 dan buah-buahan sebanyak 5 pedagang. Pada umumnya peserta Pasar Ramadhan berasal dari pedagang tempatan.

Pasar Ramadhan di Pusat Jajanan dan Oleh-oleh Khas Bengkalis secara resmi dibuka Bupati Bengkalis, Amril Mukminin. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni.

Hadir saat pembukaan, Wakil Bupati Bengkalis, H Muhammad, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis,  Hj Lindawati, Staf Ahli, Kepala Dinas dan Badan, Camat, Lurah dan tokoh masyarakat.         

Usai meresmikan Bazar Ramadan, didampingi Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan, H Indra Gunawan, Bupati beserta istri meninjau dan melihat dari dekat juadah berbuaka puasa yang dijual pedagang.

Bupati mengimbau kepada pedagang hendaknya harus memperhatikan faktor kesehatan dan kebersihan. Jangan sampai dagangan yang dijual menggunakan bahan pengawet dan zat pewarna. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07062016/br2jpg-4711.jpgKetua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni didampingi Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Wakil Ketua TP PKK Hj Lindawati, Wakil Bupati H Muhammad,  Kadis Pasar dan Kebersihan H Indra Gunawan menggunting pita saat meresmikan Pasar Ramadan di Pusat Jajanan dan Oleh-oleh Khas Bengkalis, Senin (6/6/2016).

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07062016/br4jpg-4709.jpgBupati Bengkalis, Amril Mukminin memberi pengarahan sekaligus membuka Pasar Ramadhan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07062016/br7jpg-4706.jpgBupati Bengkalis Amril Mukminn, Ketua TP PKK Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis, H Muhammad meninjau Pasar Ramadhan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07062016/br8jpg-4705.jpgBupati Bengkalis Amril Mukminin, Ketua TP PKK Kasmarni didampingi Kadis Pasar dan Kebersihan, H Indra Gunawan meninjau Pasar Ramadhan di Pusat Jajanan dan Oleh-oleh Khas Bengkalis.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07062016/br10jpg-4703.jpgBupati Bengkalis, Amril Mukminin bersalaman dengan Wakil Bupati H Muhmamad ketika tiba di Pasar Ramadhan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07062016/br11jpg-4702.jpgSekretaris Dinas Pasar dan Kebersihan Hamdan, S,Si, M.Si, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Heri Indra Putra, Plt Kepala BKD Yuhelmi dan Camat Bengkalis Djamaluddin.

Sumber : GORIAU