Kurangi Sampah Plastik, TP-PKK Taja Pembuatan Tas Dari Daun Nipah

KUALA ALAM – Salah satu langkah untuk mengurangi peredaran sampah plastik di Kabupaten Bengkalis, TP-PKK Kabupaten Bengkalis gelar pelatihan pembuatan tas berbahan daun nipah (Niypa Frutican Wurmb) untuk kebutuhan sehari-hari.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari terakhir pelatihan keterampilan Program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-P) tahun 2021, Minggu (11/7/2021), di Gedung Pelatihan Desa Kuala Alam.

Tidak hanya pemanfaatan daun nipah, para peserta juga diajarkan cara pengolahan buah nanas menjadi keripik dan selai nanas.

Dikatakan Direktur BUMDes-Sungai Alam Zulkifli, saat ini pemanfaatan berbahan lokal seperti ikan lomek, buah nenas dan daun nipah menjadi produk yang menarik di pasaran, Negeri kita dengan alamnya yang subur tentu sayang jika tidak kita kelola dan manfaatkan dengan baik.

“Alhamdulillah saat ini sempena memasuki hari Raya Qurban, Pertamina RU II Sungai Pakning sudah memesan sebanyak 2000 buah tas berbahan daun nipah, tas tersebut dimanfaatkan untuk daging Qurban nantinya,” ujar Zul.

Ditambahkan Zulkifli, satu buah tas berharga Rp. 5000 dan satu bungkus kripik nenas Rp.13.000, jadi pemanfaatan daun nipah dan nenas sangat membantu pendapatan ibuk-ibuk di rumah dan kami BUMDes-Sungai Alam siap menerima produksi dari ibuk-ibuk. 

Kemudian Sekretaris Pokja II TP-PKK Kabupaten Bengkalis Agustina berharap selama mengikuti pelatihan ini kiranya dapat di aplikasikan di lingkungan. Berikan inovasi setelah mengikuti pelatihan, ibuk-ibuk sudah bisa membuat kelompok di desa, apa yang mau di produksi, hasil olahan langsung di ambil BUMDes-Sungai Alam.

“Daerah kita merupakan daerah perairan tentu salah satu pelatihan kemaren sudah bisa di aplikasikan seperti ikan lomek dan hari ini pengolahan buah nenas dan pemanfaatan daun nipah”, ungkapnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris I TP-PKK Kabupaten Bengkalis Marvin Samudera, Bendahara TP-PKK Kabupaten Bengkalis Halimah, Ketua Pokja II TP-PKK Kabupaten Bengkalis H Imran, Mardiana, Murniati, Hj Nurwati, Choiriyah Elsa, Meriyana, Hj Afrina Yeni dan Seri Wahyuni.

Sumber : PROKOPIM KABUPATEN BENGKALIS