Bupati Bengkalis Buka UP2K Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2021

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni menghadiri Sekaligus membuka Acara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Ekonomi Keluarga Bagi Pelaku Usaha Pendapatan Keluarga (UP2K) Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2021, di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja di laut jalan Jendral Sudirman Bengkalis, Senin (8/11/2021) pagi. 

Acara tersebut mengangkat tema “Peran UP2K dalam meningkatkan Ekonomi Keluarga dimasa Pandemi Covid-19”. 

Dalam arahannya Bupati Bengkalis Kasmarni mensupport seluruh Kader PKK, supaya mereka memiliki persepsi dan dapat mengenal lebih jauh akan pentingnya pengelolaan dan pelaksanaan program UP2K. 

Seluruh Kader PKK yang ada di Desa, Kelurahan dan Kecamatan, memiliki keterampilan serta keahlian yang berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga,” harap Kasmarni. 

Karena kami yakin, sambung Kasmarni, perempuan jika benar-benar diberdayakan, ianya memiliki kekuatan yang dapat meningkatkan ketahanan ekonomi, khususnya ketahanan ekonomi keluarga.

Perempuan itu lebih bertanggung jawab dalam menjalankan usaha, perempuan memiliki kemampuan multi peran yaitu menjalankan lebih dari satu aktivitas dalam waktu yang bersamaan, perempuan lebih cermat melihat potensi pasar dan mengelola keuangan, serta perempuan lebih sabar dalam menghadapi tantangan ataupun permasalahan dalam usaha, ujar Kasmanri.

Tujuan utama dari Gerakan PKK, yakni mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan serta kemajuan dalam keluarga, benar-benar dapat kita capai dan kita wujudkan. Kuncinya, para kader pkk harus serius, berkomitmen, peduli, cerdas, inovatif, teknologis. apatah lagi dimasa pandemi Covid-19 dan era revolusi 4.0 yang sedang kita hadapi saat ini, Terang Kasmarni. 

“Pelatihan UP2K ini, tentunya selaras dengan Visi Pembangunan Kabupaten Bengkalis, yakni mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera. yang akan kita implementasikan melalui program perempuan berdaya, keluarga sejahtera, sebagai salah satu dari delapan program unggulan pemerintah Kabupaten Bengkalis kedepan,” jelas Kasmarni. 

Tidak hanya itu katanya, kita juga komitmen untuk mengangkat status dan peran perempuan dari ketidak mandirian secara ekonomi, dengan menumbuh kembangkan berbagai potensi yang ada pada individu masing-masing perempuan, agar kedepannya menjadi lebih mandiri.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso, Anggota Pokja II TP-PKK Provinsi Riau Dra Made Sayuni, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah, dan sejumlah Pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan peserta pelatihan UP2K.

Sumber : PROKOPIM KABUPATEN BENGKALIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *