Rakerda TP-PKK Bengkalis Hadirkan 3 Narasumber Berkompeten

BENGKALIS – Setelah resmi dibuka Bupati Kasmarni Senin malam. Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis kembali melanjutkan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2022 dengan menghadirkan tiga (3) narasumber dari TP-PKK Provinsi Riau, Selasa (22/3/22) pagi.

Adapun tiga narasumber tersebut, yaitu Erlina Khairul menyampaikan materi “Rencana Induk dan Strategi Gerak PKK”. Kemudian Hera Yuwilta menyampaikan materi “Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi”. Lalu sore harinya Wan Roida Sofli menyampaikan materi “Pedoman Umum Gerakan Aku Hatinya PKK”.

Rakerda yang diikuti 166 peserta ini terdiri dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, yang mengusung tema “Sinergitas dan Kemitraan Menjadi Kunci dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera”.

H. Yuhelmi selaku Wakil Ketua II TP-PKK Bengkalis pada kesempatan tersebut mengatakan, Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah, harus menciptakan inovasi dan strategi yang jeli untuk melihat berbagai macam peluang yang ada.

“Penyusunan Rencana Induk TP-PKK perlu disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), TP-PKK perlu memahami dokumen perencanaan tersebut”, ujar Yuhelmi.

Beliau berpesan, para peserta Rakerda harus memahami kebijakan dan mengikuti Rakerda ini sebaik mungkin, karna program unggulan TP-PKK yang kita maksimalkan juga program pemerintah. Setiap lembaga harus punya strategi, mampu memahami program priotas diantara program unggulan sesuai potensi yang ada.

Sementara itu, Erlina Khairul selaku pemateri pertama menjelaskan, perihal perspektif program prioritas PKK, yang dimulai dari penyusunan rencana induk. Rencana ini disusun dengan mengaktifkan catatan dasa wisma, data kelompok kerja, data umum, dan data laporan tahunan. Kemudian data tersebut dikoordinasikan dengan perencanaan PKK oleh Sekretariat TP-PKK.

Sumber : PROKOPIM KABUPATEN BENGKALIS