Pemkab Bengkalis Ajak Masyarakat Wujudkan Rumah Sehat Layak Huni

BATHIN SOLAPAN, PROKOPIM – Mewakili Bupati Bengkalis, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis H. Heri Indra Putra membuka Sosialisasi Rumah Sehat Layak Huni, Kamis (23/6/2022) di Hotel Surya Duri Kecamatan Bathin Solapan.

Dalam sambutannya H Heri mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan dengan maksud memberikan pengetahuan serta pemahaman terkait rumah sehat layak huni, guna mencegah tumbuh kembangnya pemukiman kumuh diluar kawasan pemukiman kumuh di wilayah Kabupaten Bengkalis.

“Karena sebagaimana kita ketahui bersama, rumah bukan hanya sebagai tempat berlindung, akan tetapi juga sebagai tempat pembinaan keluarga dan kesehatan penghuninya. Rumah dikatakan layak huni apabila memiliki fasilitas lingkungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar, mulai dari air bersih, penerangan, sanitasi saluran pembuangan limbah, serta aman bagi aktivitas penghuninya,” terang H Heri.

Kemudian imbuh H Heri, rumah sehat layak huni bukan berarti harus rumah mewah bagaikan istana seperti slogan “Rumahku Istanaku”, akan tetapi adalah rumah yang terawat, dalam artian, rumah yang dibangun dengan senantiasa memperhatikan jenis bahan-bahan bangunan yang digunakan, seperti tidak terbuat dari bahan yang dapat melepaskan zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan, begitu juga dengan penataan ruang rumah, pencahayaan, kualitas udara, ventilasi, termasuk binatang penular penyakit, penyediaan air bersih,  sarana peyimpanan makanan, limbah, kepadatan hunian, juga ruang tidur yang bersih dan rapi. 

“Selain dari indikator tersebut, keberadaan rumah layak huni juga dapat dilihat dari perilaku penghuninya yang harus senantiasa bersikap produktif, jika hal tersebut dapat kita pahami secara baik, maka dengan begitu kita akan dapat menghasilkan generasi yang sehat, baik sehat jasmani maupun rohani,” jelas H Heri.

Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis diwakili Wakil Ketua Hj Akna Juita Bustami mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan, Pemukiman Pertanahan Bengkalis sejalan dengan program pokok TP-PKK Kabupaten Bengkalis yakni program perumahan dan tata laksana rumah tangga.

“Untuk itu, Kami TP-PKK Kabupaten Bengkalis siap bersinergi dalam mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui dan dapat menerapkannya, guna mencegah berkembangnya perumahan dan kawasan permukiman kumuh di Kabupaten Bengkalis dalam mendorong terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” pungkas Hj Akna Juita Bustami.

Turut hadir Sekretaris Dinas Perumahan, Pemukiman Pertanahan Bengkalis Jumiharto, Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita Bustami, Narasumber Kegiatan dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera 3, dan para peserta sosialisasi dan tamu undangan lainnya.

Sumber : PROKOPIM BENGKALIS